• Wed. Jul 24th, 2024

ASUS TUF Gaming F15 (FX506), Semakin Bertenaga dan Tetap Terjangkau

ByUyainah

Nov 25, 2021

Laptop gaming yang bertenaga merupakan dambaan semua gamer. Namun perlu diketahui bahwa sebuah laptop gaming yang baik tidak hanya sekadar memiliki performa yang bertenaga. Memiliki performa yang bertenaga memang merupakan aspek yang sangat penting dari sebuah laptop gaming karena pengalaman gaming terbaik berawal dari performa yang bisa dilihat dari spesifikasi laptop di atas kertas. Meski demikian, perlu diingat juga bahwa melalui laptop gaming Anda bisa melakukan hal lain selain bermain game.

Laptop gaming boleh tampil sangat bertenaga. Tapi jika tidak dilengkapi dengan opsi upgrade yang cukup maka kegunaannya akan sangat terbatas. Apabila laptop tersebut tidak memiliki port yang lengkap, maka Anda tidak akan dapat menghubungkan berbagai perangkat lain untuk memaksimalkan pengalaman gaming atau skenario penggunaan lainnya. Jika tidak dilengkapi dengan teknologi layar gaming terkini maka Anda tidak akan bisa menikmati sajian grafis modern dengan baik. Jika tidak dilengkapi dengan sistem pendingin yang baik, maka performa hardware yang digunakan tidak akan dapat dihadirkan secara optimal. ASUS TUF Gaming F15 merupakan salah satu laptop gaming terjangkau yang bisa memenuhi semua ekspektasi tersebut. Bagaimana bisa?

 

Tetap Ringkas, Tangguh, dan Mudah Di-Upgrade

Meski ukuran dimensinya sama dengan generasi sebelumnya, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini hadir dengan bodi yang lebih tipis. Menariknya lagi, laptop gaming tersebut kini dilengkapi dengan baterai yang lebih besar namun tetap memiliki opsi port dan upgrade yang lengkap, bisa cek juga klik di sini.

Yang paling menarik dari TUF Gaming F15 (FX506) terbaru adalah tersedianya opsi upgrade yang banyak. Semua lini produk TUF Gaming F15 (FX506) terbaru hadir dengan dua slot DDR4 SO-DIMM RAM yang dapat memuat memori dengan kapasitas total sampai 32GB. Laptop gaming ini juga telah menggunakan M.2 NVMe PCIe Gen3 SSD berkapasitas 512GB dan Anda masih bisa menambahkan satu lagi M.2 PCIe SSD di laptop ini pada slot kedua yang disediakan.

Port dan Fitur Suara Lengkap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, port lengkap pada sebuah laptop gaming adalah sebuah keharusan. Port yang lengkap memungkinkan pengguna laptop gaming untuk menghubungkan berbagai perangkat lainnya. Apalagi di dunia gaming, banyak sekali perangkat tambahan yang bisa dihubungkan untuk meningkatkan pengalaman bermain, mulai dari controller, HOTAS, hingga mouse atau bahkan keyboard gaming.

ASUS tetap meluncurkan TUF Gaming F15 (FX506) terbaru dengan port yang lengkap. Tidak hanya USB Type-A dan Type-C, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga dilengkapi dengan port HDMI sehingga Anda dapat lebih mudah saat menghubungkan monitor eksternal. Monitor eksternal juga dapat dihubungkan menggunakan port USB Type-C yang juga telah mendukung fitur DisplayPort. Di beberapa varian TUF Gaming F15 (FX506) terbaru, posrt USB Type-C yang digunakan bahkan mendukung teknologi Thunderbolt 4. Teknologi port tersebut mempunyai bandwidth yang lebih besar untuk kecepatan transfer data yang lebih baik. Thunderbolt 4 juga mendukung penggunaan layar eksternal beresolusi tinggi yaitu sampai 8K.

TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga telah dilengkapi dengan WiFi 6 (802.11ax) yang memberikan kecepatan transfer data yang lebih baik dari WiFi generasi sebelumnya. Jika Anda adalah gamer yang masih suka mengandalkan koneksi kabel, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga menyediakan port gigabit ethernet. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membeli dongle ekstra untuk terhubung menggunakan kabel.

Tidak hanya dari sisi port, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru secara mengejutkan juga dilengkapi dengan fitur audio yang lengkap. Laptop gaming ini dibekali dengan teknologi virtual 7.1 surround menggunakan DTS:X Ultra. Anda bahkan bisa mengatur sendiri pengaturan audio-nya melalui preset yang telah disediakan.

Sistem Pendingin yang Semakin Mumpuni

Kali ini ASUS menghadirkan sistem pendingin dengan performa pelepasan panas yang lebih baik serta lebih senyap saat beroperasi. Bisa dikatakan ASUS telah merombak total sistem pendingin di TUF Gaming F15 (FX506) terbaru sehingga membuat laptop ini tampil dengan performa yang lebih optimal.

Perombakan pertama pada sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX506) terbaru dapat ditemukan pada heatpipe. Sebanyak empat heatpipe didesain khusus untuk mengalirkan panas dari berbagai komponen penting seperti CPU dan GPU ke heatsink khusus. Heatpipe tersebut tidak hanya terhubung ke CPU atau GPU yang merupakan komponen utama penghasil panas di sebuah laptop. Heatpipe di TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini juga terhubung ke komponen lain yang juga menghasilkan panas seperti VRM.

ASUS juga sudah menyiapkan tiga heatsink dengan fin yang memiliki ketebalan hanya 0,1mm. Fin yang tipis tidak hanya membuat luas permukaan heatsink bertambah tetapi juga membuat aliran udara lebih lancar. Dengan demikian, suhu TUF Gaming F15 (FX506)  dapat lebih terjaga.

Selain heatpipe dan heatsink, peningkatan juga dihadirkan dari sisi kipas. Kali ini, TUF Gaming F15 (FX506) menggunakan kipas dari lini laptop gaming ROG yaitu LCP Fan yang memiliki 83 bilah. Dibandingkan dengan kipas laptop TUF Gaming seri sebelumnya, kipas TUF Gaming F15 (FX506) kali ini mampu menghadirkan aliran udara yang lebih baik sehingga membuat sistem pendingin dapat bekerja lebih baik.

Berikut ini adalah hasil pengujian sistem pendingin melalui metode stress test menggunakan 3DMark Time Spy pada mode 20 kali pengulangan pengujian:

Bisa dianalisa bahwa selama pengujian tersebut baik suhu CPU maupun GPU berada di kisaran rata-rata 71°C. Meski ada beberapa momen performance boost yang menyebabkan suhu bisa mencapai 90°C, namun hal tersebut sangat singkat dan sistem pendingin bisa langsung menurunkan suhunya kembali ke kisaran 70°C dengan cepat.

Dibekali Hardware yang Bertenaga

Prosesor High Performance 11th Gen Intel Core terbaru merupakan komponen utama yang membuat TUF Gaming F15 (FX506) tampil lebih powerful dari generasi sebelumnya. Kali ini kami menggunakan laptop dengan spesifikasi paling rendah yaitu yang dibekali dengan CPU Intel Core i5-11400H. CPU tersebut memang bukan yang paling kencang di antara jajaran CPU 11th Gen Intel Core namun telah dibekali dengan konfigurasi 6 core 12 thread dan mampu berjalan dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,5GHz.

Prosesor tersebut juga didukung oleh pemakaian RAM DDR4-3200 dengan kapasitas 8GB yang bisa di-upgrade hingga 32GB serta penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Gamer juga tetap dapat melakukan upgrade pada RAM dan penyimpanannya dengan mudah melalui fitur pop-open screw yang dirancang khusus agar pengguna TUF Gaming F15 (FX506) dapat dengan mudah mengakses komponen yang ada di dalamnya.

Pusat performa grafis TUF Gaming F15 (FX506) adalah chip grafis NVIDIA GeForce. Dibekali chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3050, TUF Gaming F15 (FX506) siap menaklukkan berbagai game PC modern yang ada saat ini. Tidak hanya itu, GeForce RTX 3000 Series juga membuat TUF Gaming F15 (FX506) dapat menjalankan berbagai fitur grafis modern seperti RTX real-time ray-tracing dan NVIDIA DLSS 2.0.

Bagaimana performanya? Berikut adalah berbagai hasil benchmark performa laptop TUF Gaming F15 (FX506) dengan CPU Intel Core i5-11400H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050:

Dilihat dari hasil benchmark tersebut, TUF Gaming F15 (FX506) dengan CPU Intel Core i5-11400H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 masih dapat memainkan game AAA terkini dengan sangat bagus bahkan di pengaturan grafis “High”. Dengan kisaran harga tidak lebih dari Rp16 juta untuk saat ini, TUF Gaming F15 (FX506) adalah salah satu laptop gaming terjangkau yang terbaik.

By Uyainah