• Wed. Jul 24th, 2024

6 Tips Memilih Jasa Ekspedisi untuk Kerja Sama Usaha

ByUyainah

Oct 2, 2023

Pada era belanja digital sekarang ini, keberadaan toko-toko online tidak bisa dipisahkan dengan jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Hubungan antara pemilik usaha dengan jasa ekspedisi berbentuk simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara satu sama lain. Bagi Anda yang punya usaha, yuk simak berikut ini tips memilih jasa ekspedisi untuk diajak bekerja sama.

1. Pastikan Legalitas Jasa Pengiriman Barang

Hal pertama yang harus Anda pastikan saat akan memilih jasa pengiriman atau ekspedisi untuk kebutuhan kerja sama dalam pengiriman barang adalah legalitasnya. Legalitas perusahaan yang menaungi jasa pengiriman atau ekspedisi tersebut sudah menjadi hal yang mutlak, agar nantinya tidak ada kendala yang muncul saat Anda menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman tersebut.

Pengecekan legalitas jasa pengiriman bisa Anda lakukan secara online maupun offline, seperti dengan mendatangi langsung kantor jasa pengiriman tersebut. Dengan memastikan legalitas dari jasa pengiriman tersebut, Anda bisa terhindar dari risiko ikut terlilitnya dalam masalah hukum, sekiranya terjadi hal yang tidak diinginkan pada jasa pengiriman yang tidak legal.

2. Pertimbangkan Jangkauan Pengiriman Ekspedisi

Setiap pemilik usaha tentu berharap agar usaha yang dijalankannya bisa memiliki pangsa pasar yang luas. Nah, untuk mewujudkan hal itu, tentu saja dibutuhkan jasa pengiriman barang yang memiliki jangkauan yang luas, bahkan hingga ke pelosok negeri sekali pun. Dengan begini, maka pembeli yang tempat tinggalnya jauh pun bisa membeli barang dari usahanya tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jasa pengiriman atau ekspedisi yang ada saat ini melayani pengiriman barang hingga ke pelosok negeri. Maka dari itu, cari tahu dulu jangkauan pengiriman dari masing-masing jasa pengiriman, sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengannya. Jika sudah deal, maka barang Anda akan siap untuk diantar ke berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri.

3. Pilih yang Menawarkan Tarif yang Kompetitif

Sudah menjadi rahasia umum kalau salah satu pertimbangan konsumen atau pembeli saat membeli barang secara online adalah ongkos kirimnya. Jika ongkos kirimnya dirasa terlalu tinggi atau bahkan lebih besar nominalnya dibanding dengan barang yang dibeli, tidak menutup kemungkinan kalau calon pembeli tadi urung dan membatalkan niatnya untuk melakukan pembelian.

Berangkat dari alasan ini, pilihlah jasa pengiriman barang yang menawarkan tarif atau ongkos kirim yang kompetitif. Dengan tarif yang kompetitif dan tidak memberatkan calon pembeli, maka akan bisa menarik minat calon pembeli untuk melakukan pembelian pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Jangan sampai karena ongkos kirim mahal, omset malah jadi berkurang.

4. Pilih yang Menawarkan Beragam Layanan Pengiriman

Tips selanjutnya saat memilih jasa pengiriman untuk kerja sama dengan usaha yang Anda jalankan adalah memilih yang menawarkan layanan pengiriman yang beragam. Dengan adanya beberapa opsi layanan pengiriman ini, maka konsumen bisa memilih salah satu yang dirasa paling sesuai kecepatan pengiriman ataupun tarif pengirimannya bagi mereka.

Jasa pengiriman biasanya menghadirkan layanan pengiriman berupa pengiriman ekspres, reguler, dan ekonomis. Jika Anda misalnya menjalankan usaha kuliner, tentu layanan pengiriman ekspres dari jasa pengiriman akan sangat membantu. Anda bisa juga pastikan jasa pengiriman menghadirkan opsi COD (Cash on Delivery), untuk menghadirkan kepraktisan pembelian bagi pembeli.

5. Pilih yang Menyediakan Layanan Pick-up

Salah satu fitur jasa pengiriman yang menjadi favorit bagi para pemilik usaha adalah fitur pick-up alias penjemputan paket ke alamat si pengirim. Dengan memilih jasa pengiriman yang menyediakan fitur ini, maka Anda sebagai pemilik usaha tidak perlu mengantarkan paket langsung ke drop point, namun pihak jasa pengiriman yang akan menjemput langsung paket tersebut.

Kehadiran fitur ini tentu saja akan menghemat waktu Anda sebagai pemilik usaha, karena tidak perlu repot mengantarkan paket. Selain itu, fitur ini juga akan mempermudah Anda untuk mengirimkan barang milik pembeli yang jumlahnya cukup banyak. Jika Anda ingin merasakan kemudahan ini, pastikan jasa pengiriman yang dipilih menyediakan fitur pick-up ini.

6. Pilih yang Sudah Terintegrasi dengan Platform Marketplace

Tidak bisa dipungkiri kalau belanja di e-commerce atau marketplace sedang begitu diminati oleh masyarakat luas saat ini. Jika Anda kebetulan menjalankan toko online di platform marketplace tersebut, ada baiknya Anda menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman barang yang sudah terintegrasi dengan platform marketplace tersebut.

Dengan memilih jasa pengiriman yang sudah terintegrasi dengan platform marketplace, maka akan mempermudah proses pengiriman barang yang dibeli di marketplace tersebut, sekaligus meningkatkan pengalaman belanja para konsumen Anda. Selain itu, biasanya juga akan ada penawaran khusus yang bisa didapatkan dengan memilih jasa pengiriman yang jadi mitra marketplace.

Jangan asal dalam memilih jasa pengiriman barang untuk diajak bekerja sama dengan usaha yang Anda jalankan. Anda bisa ikuti rangkaian tips di atas dalam memilih jasa pengiriman, agar bisa makin mengembangkan usaha Anda. Untuk jasa pengiriman yang sudah terbukti handal di bidangnya, posaja.co.id bisa Anda jadikan pilihan.

By Uyainah